Malnutrisi pada orang tua

Malnutrisi adalah suatu istilah umum yang merujuk pada kondisi medis yang disebabkan oleh diet yang tak tepat atau tak cukup. Walaupun seringkali disamakan dengan kurang gizi yang disebabkan oleh kurangnya konsumsi, buruknya absorpsi, atau kehilangan besar nutrisi atau gizi, istilah ini sebenarnya juga mencakup kelebihan gizi (overnutrition) yang disebabkan oleh makan berlebihan atau masuknya nutrien spesifik secara berlebihan ke dalam tubuh. Seorang akan mengalami malnutrisi jika tidak mengonsumsi jumlah atau kualitas nutrien yang mencukupi untuk diet sehat selama suatu jangka waktu yang cukup lama. Malnutrisi yang berlangsung lama dapat mengakibatkan kelaparan, penyakit, dan infeksi.

Berat badan turun, lemah, melambatnya gerakan, berkurangnya aktivitas fisik dan cepat lelah pada orang tua seringkali dianggap hal yang biasa oleh masyarakat bahkan tidak jarang para praktisi kesehatan pun beranggapan demikian, padahal, hal tersebut adalah gejala Malnutrisi pada orang tua.

Malnutrisi pada orang tua bisa dipicu oleh terganggunya fungsi organ dan komposisi tubuh, perubahan lingkungan social dan ekonomi serta penyakit yang menyertai atau asupan kalori yang kurang padahal kebutuhan kalori orang tua tetap tinggi.

Cara mendeteksi malnutrisi pada orang tua adalah dengan melihat ada tidaknya penurunan berat badan dan gangguan nafsu makan.

Malnutrisi pada orang tua bisa menyebabkan penyembuhan luka lebih lama, massa otot turun, serta meningkatkan resiko komplikasi penyakit, infeksi, serta meningkatkan rasa sakit dan memperbesar resiko kematian.

Cara mengatasi malnutrisi adalah dengan mengikuti terapi nutrisi, memakan makanan bergizi seimbang dan memperbanyak serat. Sebaliknya makanan yang harus dikurangi adalah makanan manis, makanan dengan lemak jenuh seperti gorengan, serta daging merah.

Selain itu, orang tua harus tetap aktif agar kondisi psikologisnya tetap merasa senang, olahraga yang sesuai untuk orang tua adalah cukup berjalan pagi 30 menit 3-4 kali per minggu.

Demikian artikel kami tentang Malnutrisi, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

%d bloggers like this: