Penyakit-penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil

Keadaan gizi ibu hamil, kebersihan, pemeriksaan yang teratur ke dokter, mempunyai peranan penting agar proses kelahiran mudah dan bayi yang dilahirkannya sehat. Beberapa penyakit infeksi yang didapat, terutama pada kehamilan dini bisa menyebabkan terjadinya keguguran dan dampak yang serius pada janin, sehingga dapat menimbulkan kelainan-kelainan dan cacat pada bayi yang dilahirkan.

Penyakit-penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil, antara lain ;

1. TORCH

merupakan singkatan dari sekelompok penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma dan virus Rubella, Cytomegalo serta Herpes. Keempat macam penyakit infeksi ini sangat berbahaya bila diderita oleh ibu hamil, karena selain dapat menyebabkan keguguran, juga dapat menyebabkan kelainan pada janin.

  • TOXOPLASMA

Sumber penularannya adalah kotoran kucing. Cara penularannya dapat melalui makanan, sayuran/buah-buahan yang tercemar kotoran kucing. Gejala yang timbul pada infeksi Toxoplasma tidak spesifik, sehingga penderita sering tidak menyadari bahwa dirinya telah terkena infeksi. infeksi Toxoplasma pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran, meninggal dan infeksi toxoplasma bawaan. Infeksi toxoplasma bawaan ini dapat mengakibatkan anak yang dilahirkan mengalami kerusakan mata, otak dan keterbelakangan mental, namun seringkali gejala ini tidak terlihat pada bayi yang baru lahir.

  • RUBELLA

Infeksi Rubella yang terjadi pada ibu hamil, terutama pada tiga bulan pertama kehamilan, dapat berakibat serius pada janin karena dapat menyebabkan kerusakan mata dan telinga, kerusakan jantung, gangguan pertumbuhan, serta gangguan sistem syaraf pusat.

  • CYTOMEGALOVIRUS (CMV)

Bila ibu hamil menderita infeksi CMV, maka akibat yang terjadi pada bayi dapat bervariasi dari yang ringan sampai yang berat. Umumnya bayi lahir prematur dengan berat badan rendah dan memperlihatkan gejala kuning, pembesaran hati dan limfa.

  • HERPES

Merupakan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Selain dapat menyebabkan kanker leher rahim, juga dapat menyebabkan kelainan yang serius pada janin, bila infeksi terjadi pada saat ibu hamil. Penularan dari ibu hamil kepada bayinya dapat terjadi pada saat proses kelahiran, yaitu akibat kontak dengan leher rahim ibu yang terinfeksi Herpes. Kelainan pada bayi dapat berupa radang otak, radang mata, radang hati dan sebagainya.

2. PHS dan lain-lain

PHS atau penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual lain seperti Gonorrhoea (GO), Syphilis dan Chlamydia dapat menyebabkan keguguran dan kelainan-kelainan pada janin, bila infeksi terjadi pada ibu yang sedang hamil.

3. HEPATITIS B

Hepatitis B dapat juga ditularkan dari ibu kepada anak pada waktu proses kelahiran. Bila hal ini tidak ditangani dengan baik, maka akan berakibat serius pada anak dikemudian hari, seperti sirosis hati (penyakit pengerasan hati) dan kanker hati.

Hal lain yang juga perlu diwaspadai adalah penyakit-penyakit keturunan dan ketidak cocokan golongan darah Rhesus, perlu diketahui sebelumnya, mengingat resiko yang akan terjadi pada bayi yang dilahirkan.

Panel pemeriksaan yang sebaiknya dilakukan sebelum hamil dan melahirkan :

– Hematologi rutin

– Urin rutin

– Golongan darah ABO

– Golongan darah Rhesus

– Glukosa Puasa & 2 jam PP

– HBsAg (bila positif perlu dilanjutkan dengan pemeriksaan HBeAg)

– Anti-Toxoplasma IgM & IgG

– Anti-CMV IgM & IgG

– Anti Rubella IgM & IgG

– Anti-HSV 2 lgM & lgG

Demikian informasi mengenai penyakit yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

%d bloggers like this: