Pertolongan pertama pada perdarahan hebat

Perdarahan hebat adalah peristiwa darurat yang bisa mengancam jiwa. walaupun anda harus menghentikan perdarahan selekas mungkin, waspadai juga keadaan umum korban. seseorang yang mengalami perdarahan hebat bisa hilang kesadarannya dan juga bisa timbul shok. perdarahan hebat dari cedera diwajah atau leher juga bisa mengakibatkan tersedak.

semua kondisi tersebut menuntut penanganan segera. sebelum dan setelah menangani perdarahan, cucilah tangan anda baik-baik. gunakan sarung tangan bila ada, dan ikuti prosedur berikut untuk menghentikan perdarahan ;

  1. Letakkan perban bersih, bantalan, atau kain bersih, diatas luka dan tekan kuat-kuat selama 10 menit, atau lebih bila perlu, sampai perdarahan terhenti. bila tak ada pembalut bersih, mintalah si korban menekannya dengan telapak tangannya sendiri.
  2. Bila perdarahan tidak berhenti, angkat bagian yang cedera lebih tinggi dari jantung, sambil terus menekan. Namun bila anda menduga ada tulang yang retak atau patah, jangan gerakkan anggota tubuh tersebut.
  3. Biarkan semua bantalan tetap di tempatnya, lalu balut dengan kuat. Bila darah menembus perban, beri tambahan perban diatasnya.
  4. Cari bantuan medis. Awasi bila ada gejala shok, dan tangani bila perlu. Lanjutkan memeriksa perban bila ada rembesan darah.

Peringatan :

  • Jangan menggunakan torniket. Hal ini bisa memperburuk perdarahan dan menimbulkan kerusakan jaringan.
  • Jangan coba-coba melepaskan benda asing yang terbenam di dalam luka.

Demikian informasi mengenai pertolongan pertama pada perdarahan hebat, semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

%d bloggers like this: