Antibodi yang menyerang tubuh sendiri (Sindrom Guillain Barre)

Antibodi yang menyerang tubuh sendiri sehingga menyebabkan kelumpuhan atau Sindrom Guillain Barre terbilang jarang terjadi, sekitar 1 berbanding 100.000.

Sindrom Guillain Barre umumnya dimulai dari rasa kesemutan diujung-ujung jari. Kesemutan itu simetris di kanan dan kiri tubuh. Selain itu, timbul rasa kebas dikaki atau tangan. Pada gejala awal, penderita biasanya tidak menyadari.

Gejala yang mirip dengan stroke ini terkadang dapat menyesatkan diagnosa, sehingga terlambat dalam penanganannya.

Gangguan di kaki dan tangan merambat ke tubuh bagian atas hingga melumpuhkan tubuh. pada kasus yang lebih parahnya, penderita kesulitan menelan air liur dan bernapas sehingga perlu perawatan di rumah sakit serta menggunakan ventilator (alat bantu pernapasan).

Sindrom Gullain Barre adalah respons kekebalan tubuh yang salah sasaran, antibodi menyerang tubuh, sehingga terjadi peradangan akut.

Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab Sindrom Guillain Barre. baru diduga infeksi bakteri atau virus sebagai pemicunya.

Salah satu bakteri penyebab diare yang terbukti terkait Sindrom Guillain Barre ialah bakteri Campylobacter jejuni.

Dalam perawatan Sindrom Guillain Barre, penggunaan obat harus hati-hati. Kesalahan seperti dosis tidak tepat, bisa memicu krisis kolinergik yang ditandai pengeluaran lendir berlebihan di saluran pernapasan dan tenggorokan sehingga menyumbat pernapasan.

Secara tradisional gejala Sindrom Guillain Bare ini dilihat sebagai hilangnya energi positif dalam tubuh akibat penyakit yang menguras energi positif tersebut.

Demikian informasi mengenai Sindrom Guillain Barre, semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

%d bloggers like this: